Gula Merah/ Gula Kau Khas Desa Sambirenteng

Luh Rina Sugiantari 20 April 2022 12:06:19 WITA

Gula Merah/ Gula Kau mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga. Gula merah/ gula kau yang di produksi di desa sambirenteng adalah Produk unggulan Desa Sambirenteng yang tidak sama dengan Gula Merah/ Gula Kau Pada Umumnya. Gula Merah Desa Sambirenteng bahan dasarnya adalah Nira Aren (Tuak Manis). Pengerjaan Gula Merah/ Gula Kau masih dilakukan dengan cara tradisional.

Cara Pembuatan Gula Merah/ Gula Kau : 

  • Pembuatan Pengawet : Sebelum Pengambilan Nira Aren Para Petani Gula Mempersiapkan Pengawet alami (lau) yang berasal dari pepohonan ataupun sabut kelapa kering yang di cacah kecil kecil dan dicampur Cuka yg memiliki kualitas bagus. Pengawet ini diberikan dengan tujuan nira aren yang akan diolah tidak cepat masak atau istilah petani gula tidak cepat wayah. Petani aren sangat berhati hati dalam pemilihan pengawet alami supaya Gula Merah yang dihasilkan memiliki kualitas bagus dan tidak cepat rusak.
  • Pengambilan Nira Aren : Setelah Pengawet Alami Siap, Petani Gula Bersiap Untuk Pengambialn Nira Aren. Pengambilan Nira Aren ini dilakukan dengan memanjat pohon aren yang memiliki tinggi rata-rata 10 Meter. Pengambilan Nira Aren dilakukan 2 Kali Sehari (Pagi dan Sore).
  • Pembuatan  Gula : Setelah nira aren diambil dari pohonnya. Proses selanjutnya adalah memasak nira aren dengan menggunakan kuali besar (jambangan). Cara tradisional masih digunakan pada proses pemasakan yaitu dengan menggunakan kayu bakar dan tunggu tanah sebagai penyangga kuali. Memasak nira aren hingga menjadi gula memerlukan waktu kurang lebih 40 Menit untuk sekali proses tergantung kayu bakar yang digunakan.
  • Pencetakan : Setelah dimasak hingga mengental, proses selanjutnya pencatakan gula aren/ Gula Merah. Adonan Gula yang sudah siap dicetak dituangkan kedalam cetakan yang berasal dari tempurung kelapa pilihan yang menjadi ciri khas dari gula merah desa sambirenteng. Proses ini memakan waktu 15 menit hingga adonan gula merah kering dan siap untuk di pasarkan.

 

Pemasaran Gula Merah/ Gula Kau dilakukan oleh petani sendiri melalui pengepul dengan kisaran harga Rp. 18.000 sampi dengan Rp. 25.000. pemasaran juga dilakukan dengan cara online melalui media sosial yang dimiliki oleh petani gula aren tersebut. Desa Sambirenteng juga mempunyai  cara tersendiri dalam pemasaran produk unggulan tersebut dengan menampilkan di pameran-pameran tertentu sehingga produk gula merah desa sambirenteng semakin dikethui masyarakat luas guna menggerakan perekonomian desa

Komentar atas Gula Merah/ Gula Kau Khas Desa Sambirenteng

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Tolong Bantu Kami Like & Share !!!

Lokasi Sambirenteng

tampilkan dalam peta lebih besar