INGKA LIDI LONTAR

Luh Rina Sugiantari 26 April 2022 11:39:38 WITA

Salah satu produk Unggulan Desa Sambirenteng yang tidak kalah menarik adalah Kerajinan Ingka Lidi Lontar. Ingka Lidi Lontar ini merupakan produk lokal desa yang sudah hampir dikenal di seluruh bali. Ingka yang dibuat tidak hanya terkenal kuat dan tahan lama, tetapi juga dijual dengan harga terjangkau. Ingka lidi lontar juga memiliki banyak bentuk dan ukuran sesuai dengan kebutuhan  yang diingikan oleh si peminat ingka lidi lontar. Ingka lidi Lontar menngunakan lidi (Usukan) dari daun pohon aren yang masih muda dan sudah dalam keadaan kering sebagai bahan utama. Dalam pembuatan Ingka lidi Lontar terdapat tahapan - tahapan sehingga produk ingka tetap terjaga kualitasnya. Tahapan – tahapan tersebut diantaranya, yaitu :

  • Pemilihan Bahan : Pemlihan bahan dalam pembuatan ingka adalah kunci utama menjaga kualitas dari Ingka Lidi Lontar.
  • Pengerjaan         : Pengerjaan Ingka Lidi Lontar memakan waktu 5 jam untuk 1   buah ingka   lidi lontar. Waktu yang lama dan kesabaran extra   dibutuhkan supaya mendapat hasil yang maksimal.
  • Finishing            : ingka lidi Lontar juga dilakukan agar ingka lidi lontar kelihatan  lebih menarik dan juga tahan lebih lama. Finishing ingka lidi lontar menggunakan pulitur. Untuk menabah kesan elegan dan alami dari ingka itu sendiri.

Produk Ingka Lidi Lontar ini dipasarkan melalui ofline dan juga online. Pemasran ofline contohnya adalah memamerkan Produk Ingka Lidi Lontar di even even tertentu misalkan pada pentas seni kecamatan dan juga pentas seni kabupaten. Pemasaran online dilakukan oleh Pengerajin itu sendiri melalui media media social yang dimiliki..

Komentar atas INGKA LIDI LONTAR

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Tolong Bantu Kami Like & Share !!!

Lokasi Sambirenteng

tampilkan dalam peta lebih besar